BRI KARTU KREDIT

BRI Kartu Kredit

Mengenal Lembar Tagihan beserta Cara Pembayaran Penagihannya pada BRI Kartu Kredit

BRI kartu kredit dapat menjadi salah satu produk perbankan yang Anda miliki saat ini. Berbagai fasilitas yang dimiliki dan ditawarkan oleh BRI diperuntukkan secara umum untuk seluruh masyarakat Indonesia tanpa terkecuali. Terutama para nasabah setianya yang hingga saat ini masih mengandalkan produk perbankan dari BRI. Salah satu produk perbankan tersebut, yaitu Kartu Kredit BRI yang sangat bermanfaat untuk berbelanja, membayar berbagai tagihan bulanan secara online, membeli pulsa, dan lain sebagainya. Tentu saja dengan kemudahan-kemudahan yang diberikan oleh pihak BRI agar para nasabahnya merasa puas dengan semua pelayanan prima yang disediakan. Sementara itu, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui terkait penggunaan BRI kartu kredit. Misalnya, mengetahui karakteristik lembar tagihan yang diberikan pihak bank untuk Anda agar bisa melunasinya.

Mengenal lebih dekat lembar tagihan dalam BRI Kartu Kredit

Lembar tagihan merupakan catatan atas rincian transaksi kartu kredit yang Anda miliki selama Promo Kartu Kredit BRI1 bulan. Dalam arti, dari tanggal penagihan bulan sebelumnya hingga ke tanggal penagihan bulan berikutnya. Rincian transaksi yang dicatat merupakan transaksi yang dilakukan oleh pemegang kartu utama dan kartu tambahan. Beberapa ciri yang perlu Anda ketahui dari lembar tagihan, yaitu sebagai berikut.

  • Pertama, nomor kartu. Nomor kartu yang tercantum merupakan nom
    or kartu dari pemegang kartu utama, dan bukan pemegang kartu tambahan.
  • Kedua, tanggal dicetak. Tanggal dimana ditagihnya transaksi beserta saldo terhutang lainnya. tanggal dicetak ini akan jatuh pada tanggal yang sama setiap bulannya.
  • Ketiga, tanggal jatuh tempo pembayaran. Dalam arti, tanggal batas akhir pembayaran atas saldo terhutang yang harus diterima oleh pihak BRI, yaitu 16 hari sejak tanggal penagihan tanggal jatuh tempo. Pembayaran yang diterima setelah tanggal jatuh tempo tentu saja akan dikenakan biaya keterlambatan atau sanksi pinalti.
  • Keempat, batas kredit yaitu jumlah kredit yang sudah ditetapkan oleh pihak BRI dan dapat ditinjau kembali di waktu yang lain dengan pertimbangan tertentu.
  • Kelima, batas pengambilan tunai. Dalam arti, batas maksimal dari penarikan tunai yang diberikan untuk kartu kredit BRI milik Anda. Dengan begitu, Anda pun tidak bisa mengambil uang tunai di ATM melebihi batas maksimal tersebut.

Cara membayar tagihan dari BRI Kartu Kredit

Anda pun bisa melakukan beberapa macam cara saat ingin membayar tagihan kartu kredit BRI, yaitu sebagai berikut.

  • Pertama, pembayaran secara tunai. Anda bisa mendatangi cabang BRI di sekitar tempat tinggal untuk membayar tagihan kartu kredit. Namun, Anda akan dikenai biaya sebesar Rp 25 ribu.
  • Kedua, melalui ATM BRI. Inilah cara yang praktis dalam membayar tagihan kartu kredit. Anda bisa memilih menu pembayaran kartu kredit pada mesin ATM tersebut.
  • Ketiga, melalui jaringan ATM bersama. Anda pun bisa memanfaatkan jaringan ATM bersama untuk membayar tagihan kartu kredit, yaitu dengan memilih menu transfer. Anda akan dikenai biaya administrasi sebesar Rp 5 ribu.
  • Keempat, melalui jaringan ATM prima. Selain jaringan ATM bersama, Anda juga bisa memanfaatkan jaringan ATM prima dengan menggunakan menu transfer. Biaya administrasi yang dikenakan untuk Anda juga sama, yaitu sebesar Rp 5 ribu.
  • Kelima, memakai autodebet. Anda yang memiliki rekening di BRItama atau Giro BRI bisa membayar tagihan kartu kredit. Dengan cara, yaitu mendaftar terlebih dulu di cabang BRI terdekat atau menghubungi Call BRI. Pembayaran tagihan dengan autodebet dapat dilakukan dengan mendebet rekening mulai 3 hari sebelum tanggal jatuh tempo. Anda pun jangan kaget jika saldo rekening berkurang dikarenakan untuk pembayaran tagihan BRI kartu kredit.

Keenam, menggunakan BRI Mobile. Pembayaran tagihan Kartu Kredit BRI juga bisa dilakukan melalui fasilitas SMS banking. Namun demikian, Anda harus melakukan pendaftaran terlebih dulu melalui ATM BRI terdekat. Selanjutnya, SMS banking bisa diaktifkan melalui customer service di kantor BRI di sekitar tempat tinggal Anda.

Ketujuh, kliring. Cara terakhir untuk membayar tagihan karu kredit, yaitu memanfaatkan pembayaran melalui lalu lintas giro atau cek. Ditujukan kepada BRI card centre dengan mencantumkan nomor kartu kredit BRI. Sementara proses pembukuannya, dilakukan setelah proses kliring selesai. Itulah beberapa cara pembayaran tagihan dalam BRI kartu kredit.

Baca juga: BRI Touch